• Selamat Datang di Website Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat

Presiden Joko Widodo tanam Durian Serumbut di Taman Digulis Untan Pontianak

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat kunjungan kerjanya ke Pontianak terlebih dahulu menanam durian unggul kebanggan masyarkaat Kalbar yakni Durian Serumbut di kawasan  hutan kota Taman Digulis Untan Pontianak, Kamis (5/9/2019).

Pemilik pohon Durian Serumbut, Nehen mengaku bangga dan bersyukur duriannya dapat dikenal dan bahkan ditanam langsung oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut.

“Saya sangat senang Durian Serumbut bisa ditanam langsung oleh presiden. Dengan hal ini tentu beliau tahu durian Kalbar  terutma Durian Serumbut,” kata Nehen.

Nehen berharap pengembangan duriannya bisa dilakukan dekat pohon induknya karena masih ada luas lahan yang tersedia untuk pengembangan Durian Serumbut.

“Dekat pohon induk Durian Serumbut, tanah kosong saya masih sekitar 10 hektare. Semoga pemerintah melihat ini dan membantu untuk pengembangannya,” kata dia.

Durian Serumbut merupakan durian asal Sekayam, Kabupaten Sanggau. Varietas Durian Serumbut sudah dilepas oleh Kementerian Pertanian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kalimantan Barat, Heronimus Hero mengapresiasi Gubernur Kalbar yang telah mempromosikan durian Serumbut secara langsung kepada Presiden.

“Melalui menanam Durian Serumbut di sela kunjungan Presiden untuk berbagai kegiatan ini tentu mengenalkan durian unggul Kalbar. Kita apresiasi Gubernur Kalbar dan Presiden,” kata dia.

Ia berharap melalui penanaman tersebut Presiden Republik Indonesia semakin mengenal potensi durian di Kalbar.

“Dengan penanaman ini juga bisa menjadi corong informasi ke tingkat nasional tentang durian Kalbar dan potensinnya,” jelas dia.

Ia berharap program pemerintah melalui pengembangan dan saranan produksinya semakin besar.

“Kita juga butuh investor agar pengembangan durian unggul Kalbar lebih cepat dan memberikan dampak ekonomi yang luas bagi masyarakat dan daerah,” kata dia.

Share

Facebook Fanspage

Visitor

Login anggota