• Selamat Datang di Website Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat

Pj. Gubernur Kalbar Hadiri Gertam Cabai di Desa Punggur Kecil Kabupaten Kubu Raya

gertam cabai

Selasa 30 April 2024 Penjabat Gubernur Kalimantan Barat bersama Pj. Ketua TP PKK Kalbar menghadiri kegiatan gerak tanam dan panen raya cabai di Parit To'om Desa Punggur Kecil Kabupaten Kubu Raya. Hadir dalam kegiatan ini Penjabat Bupati Kubu Raya beerta OPD Kabupaten Kubu Raya, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar, Kegiatan Gerakan Tanam Cabai yang digelar Pemerintah Kabupaten Kubu Raya di lahan seluas tiga hektare.

Kegiatan yang di inisiasi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat serta Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Jakarta ini adalah dalam rangka pengendalian angka inflasi komoditas strategis hortikultura dan juga memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Penjabat Bupati Kubu Raya Kamaruzaman saat ditemui mengungkapkan rasa syukur tak terhingga atas sinergi yang terjalin ini mengingat cabau merupakan salah satu komoditas hortikultura penyumbang inflasi tertinggi. "Cabai merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi, Sehingga pemerintah daerah memulai upaya penanganan inflasi tersebut dari hulu melalui gerakan menanam cabai dengan harapan supaya harga cabai lebih stabil. 

Seperti diketahui gerakan tanam cabai Mandiri telah dicanangkan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya pada 4 Maret 2024.

Demi mengoptimalkan gerakan tersebut, Syarif Kamaruzman telah menginstruksikan camat untuk bersinergi dengan para kepala desa dan tokoh masyarakat serta para pihak terkait lainnya di wilayah kecamatan. 

Ia juga meminta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten untuk selalu melakukan pemantauan dan evaluasi serta mengoptimalkan fungsi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk memotivasi dan menggerakkan petani, kelompok tani, gabungan kelompok tani, dan kelompok wanita tani dalam gerakan tanam cabai mandiri. 

(Erwansyah)

Tags: 

Share

Government Public Relations

Facebook Fanspage

Youtube Channel

Please configure this section in the admin page

Visitor

Login anggota