• Selamat Datang di Website Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat

Sebanyak 20 pelaku pertanian berprestasi di Kalbar mendapat penghargaan

Sebanyak 20 pelaku pertanian berprestasi di Kalbar mendapat penghargaan dari Pemerintah provinsi melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kalbar. Pemberian penghargaan tersebut  bertepatan dengan HUT RI Ke-  74.

“Pemberian penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi sekaligus memotivasi lagi untuk lebih maju. Para penerima telah berhasil menunjukkan karyanya di bidang masing – masing dan patut diberikan penghargaan,” ujar Kepala Distan TPH Kalbar, Heronimus Hero di Pontianak, Sabtu (17/8)

Hero menjelaskan bahwa kategori penghargaan yang diberikan tersebut terdiri dari petani berprestasi, Gapoktan berprestasi, penyuluh tauladan dan balai penyuluh teladan 2019. 

“Para penerima adalah hasil seleksi dari 14 kabupaten atau kota yang ada di Kalbar. Tentu para penerima berdasarkan indikator atau kinerja atau karyanya,” kata dia.

Dalam mengisi kemerdekaan menurutnya tentu tidak terlepas dari sektor pangan dan hortikultura atau bidang pertanian.

“Untuk itu peran sektor yang ada memiliki peran strategis untuk memajukan daerah dan bangsa ini. Para petani adalah pejuang pangan dan penyuluh adalah pahlawan pertanian. Untuk itu terus berbuatlah untuk kemajuan daerah ini,” jelas dia.

Mengenai tema HUT RI Ke-74, SDM Unggul Indonesia dan kaitannya dengan pertanian, memang SDM pertanian harus terus ditingkatkan.

“Untuk SDA kita sendiri sudah sangat potensial. Tinggal memang SDM kita  di pertanian yang harus terus ditingkatkan dengan manajemen dan pendampingan. Sebagaimana Pidato Presiden RI, kita bukan hanya lebih baik dari sebelum nya namun harus lebih baik dari negara lain. Petani kita harus lebih maju dari petani negara lain,” sebut dia.

Sementara itu, satu di antara penerima penyuluh teladan dari Desa Tunggal Bhakti, Kabupaten Sanggau, Ismanto mengatakan untuk urusan pekerjaan sebagai penyuluh menurutnya memang cita – cita sejak muda.

“Cita – cita untuk menjadi penyuluh memang dari dulu dan Alhamdulillah hingga sampai saat ini. Tentu banyak suka dukan nya.Namun karena sudah cita- cita dan disenangi, menjadi penyuluh suatu kebanggaan. Capaian yang ada tentu berkat dukungan semua pihak dan kita akan terus memaksimalkan potensi yang ada,” katanya.

Share

Facebook Fanspage

Visitor

Login anggota