• Selamat Datang di Website Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat

KADISTAN TPH KALBAR TERKESAN JAMBU AIR, GREEN HONEY SUPER MANIS

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kalbar, Heronimus Hero terkesan dengan rasa buah jambu air deli dengan merek green honey yang dikembangkan petani swadaya di Kubu Raya yang rasanya super manis.

"Baru kali ini saya merasakan jambu air semanis ini. Kita sangat terkesan hasil budidaya hortikultura jenis jambu yang dikembangkan petani, Bapak Michael," ujarnya saat melakukan kunjungan di Kebun Michael di Kubu Raya, Kalbar.

Ia menjelaskan dengan kemauan dan sering melakukan uji coba di kebun sendiri serta displin dalam merawat, pemilik jambu sukses menghasilkan buah yang manis.

"Petani jambu tersebut membuktikan bahwa dengan ditekuni dan komitmen serius dalam pertanian tentu tidak membohongi hasil," jelas dia.

Hero juga terkesan dengan pasar dari green honey yang sangat terbuka lebar. Dengan kualitas yang terbaik dihasilkan pemilik jambu tidak perlu susah menjualnnya karena pembeli datang sendiri ke kebun dan bahkan harus memesan terlebih duhulu untuk mendapatkannya. Pemilik jambu hanya menginformasikan melalui media sosial Instagram dan Whastsapp kepada pelanggan atau masyarakat umum.

"Masyarakat atau pelanggan jambu green honey harus pesan dulu baru bisa dapat jambu tersebut. Artinya pasar nya sangat luas dan luar biasa. Kita sangat mengapresiasi dan mendorong petani lainnya untuk serius, jeli melihat peluang dan bisa mencontoh green honey. Terlepas jenis tanaman apa namun dikembangkan dengan maksimal," pesan dia.

Sementara itu, pemilik kebun green honey, Micheal menyebutkan bahwa jambu yang ditanam nya melalui perawatan yang maksimal. Nutrisi untuk pohon jambu dengan pupuk kompos dari racikan nya sendiri.

"Jumlah pohon jambu ada 300 batang yang ditanam di areal satu hektare.  Untuk saat ini masyarakat untuk membeli harus pesan dulu sebab sebagian besar pelanggan sudah ada. Pasar sangat luas dan tidak terpenuhi," papar dia.

Untuk promosi ia hanya menggunakan media sosial dan whatsapp. Ketika buah hampir matang dia hanya tinggal menginformasikan dan pelanggan memesan.

"Kebanyakan juga pelanggan datang sendiri untuk memetik buah. Saya di sini selain menjual buah juga menjual bibit dan pupuk racikan saya sendiri agar bibit yang ditanam pembeli rasanya juga ikut manis. Potensi di Kalbar ini sangat baik untuk jambu karena cahaya matahari sangat cukup sehingga buah juga manis," papar dia.

Share

Facebook Fanspage

Visitor

Login anggota