• Selamat Datang di Website Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat

Sosialisasi Gerakan BSM3 sasar petani dan penyuluh se-Kalbar

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura(TPH) Kalbar sukses melakukan sosialisasi gerakan Buat Sendiri Mudah, Murah, Meriah (BSM3) yang menyasar petani dan penyuluh se-Kalbar, 9 -10 Mei 2023.

“Sosialisasi BSM3 ini diikuti 118 peserta terdiri dari petani dan penyuluh se- Provinsi Kalbar diharapkan menularkan ilmu baik berupa teori dan praktik kepada petani lain,” ujar Kepala Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian Dinas TPH Kalbar, Masudi saat sosialisasi di Hotel 95 Pontianak, Selasa.

Ia mengatakan gerakan BSM3 akan membantu para petani untuk membuat pupuk organik sendiri, sehingga meningkatkan produktivitas petani apalagi saat ini harga pupuk nonsubsidi semakin mahal.

“Jadi gerakan BSM3 ini dapat mendorong petani agar bisa membuat pupuk sendiri tanpa harus bergantung pada pupuk kimia yang bahan bakunya dari luar negeri dan ketersediaannya tidak selalu ada. Harapan ke depan  produk  BSM3 ini bisa terus berkembang agar sektor pertanian lebih baik serta menjadi produk unggulan di Indonesia," ucap dia. 

Sementara itu, Kepala Dinas TPH Kalbar, Florentinus Anum mengatakan BSM3 adalah solusi untuk mendukung peningkatan produksi tanaman pangan dan mengatasi kelangkaan pupuk subsidi dan ini sejalan dengan program Genta Organik dari Kementan RI. Gerakan BSM3 yang telah diluncurkan pada akhir 2022 lalu. 

Pentingnya BSM3, untuk itu lah dilakukan sosialisasi kepada petani dan penyuluh di Provinsi Kalbar untuk dibekali kemampuan teori maupun praktik dalam membuat pupuk organik secara mandiri.

"Pembekalan kemampuan untuk petani dan penyuluh dalam hal kemandirian memenuhi kebutuhan pupuk secara mandiri dirangkai dengan sosialisasi gerakan BSM3," jelas dia.

Share

Government Public Relations

Facebook Fanspage

Youtube Channel

Please configure this section in the admin page

Visitor

Login anggota