• Selamat Datang di Website Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat

Tiga kabupaten di Kalbar dapat bantuan solar drying dome

Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikuktura (Distan TPH) Provinsi Kalbar menyerahkan bantuan berupa solar drying dome kepada kelompok tani di tiga daerah di Kalbar.

"Di Kalbar ada tiga daerah yang mendapat bantuan yakni di Sambas, Kubu Raya dan Melawi, " ujar Kabid Hortikultura Distan TPH Kalbar, Endang Kusumayanti.

Ia menjelaskan bahwa solar drying dome adalah alat prasarana pengolahan pasca panen bantuan Kementan RI melalui Dirjen Hortikultura tahun 2020.

Dome sendiri merupakan alat pengering pengolahan pasca panen produk pertanian, tujuannya untuk menggurangi kandungan air agar dapag meningkatkan kualitas dan daya simpan komoditas hasil pertanian, dan membuat waktu ketahanan produksi menjadi tahan lama.

"Metode yang digunakan alat pengering dengan tenaga surya, mengurangi kerugian dengN sistem pengering sinar matahari alami," jelasnya.

Pihaknya juga telah menyerahkan bantuan tersebut di Kelompok Tani Wanita (KWT) Srikandi Desa Salatiga Kabuaten Sambas.

"Bantuan sudah ada kita serahkan terimakan kepada KWT di Sambas," jelas dia.

Ia berharap dengan bantuan yang ada petani atau kelompok tani bisa memanfaatkan dengan maksimal sehingga tujuan kualitas hasil panen baik.

"Dengan kualitas dan ketananan hasil panen tanaman hortikulturan lebih baik maka ketahanan produksi lebih lama. Petani diharapkan menjaga, merawat dan memanfaatkan benar bantuan ini untuk menunjang aktivitas dan usaha tani mereka," kata dia.

Share

Government Public Relations

Facebook Fanspage

Visitor

Login anggota