• Selamat Datang di Website Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat

Kabupaten Sambas dapat bantuan program benih padi hibrida seluas 2.700 hektare

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar, Florentinus Anum saat memberikan sambutan mewakili Gubernur Kalbar saat melakukan panen padi perdana lahan eks kegiatan cetak sawah di Selakau menyebutkan bahwa pada tahun 2020 ini Kabupaten Sambas mendapat sejumlah bantuan program dan satu di antaranya benih padi hibrida untuk seluas 2.700 hektare.

"Sejumlah program pembangunan pertanian terutama budidaya padi yang masuk di Kabupaten Sambas. Satu di antaranya benih padi hibrida seluas 2.700 hektare yang bersumber dari APBN," kata dia

Ia  menambahkan selain benih padi hibrida dan masih bersumber dari APBN, Kabupaten Sambas juga mendapat bantuan program pengembangan padi rawa dengan total luas 1.000 hektare.

"Sedangkan dari APBD Sambas sendiri untuk pengembangan padi khusus seluas 100 hektare. Dengan bantuan program yang ada tentu dalam rangka mendorong swasambada dan kesejahteraan petani," kata dia.

Ia mengatakan bahwa Kabupaten Sambas sejauh ini masih menjadi sentra utama produksi padi dari 14 kabupaten kota di Kalbar dengan kontribusi sebesar 19,82 persen.

"Berdasarkan angka ramalan II BPS produksi padi di Kabupaten Sambas sebanyak 270-.530 ton gabah kering giling atau setara 170.020 ton beras apabila dikonversi 62,85 persen," papar dia.

Ia  menambahkan dengan potensi luas lahan di Kabupaten Sambas yang cukup besar memberikan harapan besar untuk menunjang tercapainya swasambada pangan di Kalbar.

"Pada tahun 2020 ini sasaran tanam komoditas padi di Sambas 94.768 hektare dan sasaran panen 100.039 hektare. Untuk sasaran produksi 29,32 kuintal per hektare dan produksi sebanyak 293.307 ton gabah kering giling," kata dia.

Ia berharap dengan melaksanakan kegiatan bantuan pemerintah maupun swadaya petani yang didukung peningkatan kapasitas dan pendampingan dari penyuluh, TNI AD hingga masyarakat produksi, pendapatan dan kesejahteraan petani akan meningkat.

"Mari kita maksimalkan potensi dan menjalankan sebaik mungkin program atau dukungan pemerintah. Tugas kita bersama wujudkan swasambada pangan di daerah ini," ajaknya.

 

 

Share

Government Public Relations

Facebook Fanspage

Visitor

Login anggota