• Selamat Datang di Website Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat

Distan TPH Kalbar kembangkan potesi tanaman hortikultura di Bengkayang

Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kalbar terus mengembangkan potensi tanaman hortikultura dan satu di antara beberapa daerah yang mendapat perhatian yakni di Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang.

"Kecamatan Tujuh Belas memiliki empat desa yakni Desa Pisak, Desa Kamuh, Desa Sinar Tebudak dan Desa Bengkilu. Potensi tanaman hortikultura untuk pengembangan komoditas hortikultura sangat besar. Oleh karena itu terus kita dorong dan bantu dengan program," ujar Kabid Hortikultura Distan TPH Kalbar, Endang Kusumayanti .

Ia mencontohkan potensi tanaman hortikultura tersebut seperti, tomat, terong, jahe, cabai, timun, petai serta komoditi buah alpukat serta durian.

"Untuk pemasaran komoditas hortikultura selain untuk memenuhi kebutuhan Kabupaten Bengkayang, juga dipasarkan ke Kota Pontianak dan beberapa kabupaten atau kota terdekat seperti Sambas, Singkawang dan Landak. Bahkan juga ke pasar Malaysia," papar dia.

Ia menyebutkan untuk 2019 ini, selain pengembangan bawang merah dan cabai, di Kecamatan Tujuh Belas juga mendapat program pengembangan bawang putih seluas 25 hektare yang dikembangakan di Desa Pisak.

"Dengan ketinggian Desa Pisak yakni sekitar 400 meter dari permukaan laut, kita optimis pengembangan bawang putih akan berhasil," katanya.

Share

Facebook Fanspage

Visitor

Login anggota