• Selamat Datang di Website Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat

PENYULUH PERTANIAN DAN STAF BIDANG PENYULUH DISTAN TPH KALBAR KUNJUNGI P4S- JAS B SINGKAWANG

Agroinfo

Singkawang - Penyuluh Pertanian dan Staf Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura(Distan TPH) Provinsi Kalimantan Barat melakukan kunjunganPusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) di Kota Singkawang.

Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) adalah lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok.

Hadirnya P4S diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumber daya manusia pertanian dalam bentuk pelatihan atau permagangan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya.

Pembinaan P4S dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kapasitas P4S dalam menyelenggarakan dan/atau melaksanakan pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat perdesaan.

Pembinaan P4S antara lain dilakukan melalui bimbingan pelatihan dari aspek kelembagaan, sarana prasarana, ketenagaan, penyelenggaraan pelatihan/permagangan, usaha dan jejaring kerja.

Selain itu, pemerintah melakukan kegiatan klasifikasi P4S, guna mendorong pengelola P4S untuk meningkatkan kualitas pelatihan/permagangan secara terus menerus, sehingga P4S mampu menjadi pusat pelatihan pertanian yang berkualitas.

Kunjungan lapangan dilaksanakan di P4S JAS-B ( Jujur Akur Selalu Bersama) yang Ketuai oleh Naweri.

P4S, JAS-B sendiri berdiri sejak Tahun 2014, dengan luas lahan 11 hektare dan jumlah anggota sebanyak 90 orang.

Naweri sudah melakukan usahatani dari Tahun 2001 dan baru di bentuk kelompok tani oleh pemerintah Tahun 2010.

Adapun usaha tani yang dilakukan selama ini meliputi komoditi jagung, talas, cabe, mentimun dan kacang panjang untuk pemasaran hasil pertanian langsung di jual ke penampung di pasar Flamboyan Pontianak.

Share