• Selamat Datang di Website Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat

DISTAN TPH KALBAR TERUS LAKUKAN PENGUATAN SDM PERTANIAN

Agroinfo

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Distan TPH) Kalbar, Heronimus Hero mengatakan kunci sukses pembangunan pertanian tidak terlepas dari SDM dan dengan hal itu pihaknya terus melakukan penguatan - penguatan SDM pertanian.

"Sektor pertanian menjadi satu di antar prioritas pembanguanan di Indonesia. Ketahanan pangan terus didorong dan diwujudkan. Untuk itu tentu butuh SDM yang baik dan berkualitas," ujarnya.

Menurutnya SDM pembangunan pertanian bukan hanya dari instansi pertanian dan, petugas lapangan namun juga petani itu sendiri yang langsung di lapangan.

"Artinya SDM di semua lini harus diperkuat baik dari dinas sendiri hingga petani yang memang berkecimpung langsung di lapangan," papar dia.

Pada tahun 2019 ini menurut Herinimus Hero, pembinaan dan peningkatan SDM melalui berbagai pola baik pembianaan teknis langsung maupun lainnya dilakukan. Ia mencontohkan seperti untuk menunjang operasional Alsintan dan penerapan teknologi budidaya pertanian.

"Operasional Alsintan tentu butuh SDM yang baik sehingga pemanfaatan semakin maksimal. Apalagi Alsintan yang dibantu pemerintah sudah banyak. Begitu juga teknologi budidaya yang ada, dengan SDM yang baik maka bisa berdampak maksimal pada hasil," papar dia.

Pendekatan untuk pola yang ada untuk penguatan SDM menurutnya baik melalui secara personal patani maupun kelembanggan seperti Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani.

"Kelembagaan pertanian kita sudah banyak. Itu yang tentu kita maksimalkan dalam pendekatan - pendekatan bagaimana SDM semakin baik," harap dia.

Ia berharap dengan progam pertanian yang ada, bantuan - bantuan yang disalurkan kepada petani dan ditambah SDM yang baik produksi dan produktivitas pertanian di Kalbar samakin baik.

"Dengan produksi dan produktivitas yang tinggi tentu berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani atau nilai tambah petani semakin baik. Kita terus berkomitmen untuk memajukan pertanian di Kalbar," kata dia.

Share