• Selamat Datang di Website Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat

Tanam Perdana Sekolah Lapang Mendukung UPSUS di BPP Pemangkat

Tanam perdana kegiatan Sekolah Lapang Komoditas Pangan Strategis Nasional Mendukung UPSUS Tahun 2017 di WKBPP Pemangkat, tanggal  24 Oktober 2017. Sekolah   lapangan  (SL)  adalah   proses   pembelajaran   non formal bagi petani untuk meningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengenali potensi, menyusun rencana usaha, identifikasi dan mengatasi permasalahan, mengambil keputusan serta menerapkan teknologi yang sesuai dengan sumberdaya setempat secara sinergis dan berwawasan lingkungan sehingga usaha tani lebih efisien, berproduktivitas tinggi dan berkelanjutan.

Dihadiri oleh Kepala Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat,  Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, anggota DPRD Kabupaten Sambas, Penyuluh Pertanian, Danramil, Kapolsek Pemangkat, Pembina  Gerbang Tani Kabupaten Sambas dan semua peserta SL dari 5 WKPP yaitu Perapakan 1, perapakan 2, lonam, jelutung dan gugah sejahtera.

BPP Pemangkat merupakan satu dari  dua unit SL pengembangan komoditas pangan strategis nasional di Kabupaten Sambas dari 13 unit yg tersebar di enam Kabupaten se-Kalbar.

Kegiatan SL ini diarahkan untuk produksi benih bagi penangkar, benih yang ditanam label unggu varietas cilosari. Potensi lahan di WKBPP Pemangkat sekitar 2.000 ha, sudah IP 2 dan akan ditingkatkan ke IP 3. Hal ini didukung  dengan adanya bantuan alat Rice transplanter  dan Combine harvester, tanam dan panen  dari Gerbang Tani untuk BPP Pemangkat, ditambah lagi  dengan tersedianya jaringan irigasi dan  pompa air.

Daerah ini juga merupakn pelaksana kegiatan padi hazton tahun 2017. Meskipun masih terkendala ketersediaan benih.

Tags: