• Selamat Datang di Website Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat

Alsintan Center

Alsintan Center merupakan pusat pembinaan dan pengembangan Alsintan se-KalBar dalam rangka mendukung Program Kawasan Usaha Agribisnis (KUA) dengan penguatan teknologi dan struktur industri.

Untuk tahun 2012 ini Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Ksalimantan Barat melalui bidang PLA mengadakan beberapa kegiatan dan dalam kunjungan ini mensosialisasikan kepada dinas kabupaten Kubu Raya, adapun kegiatan yang akan dilaksanakan di Alsintan Center adalah  :

  1. Workshop Perbengkelan
  2. Workshop MAnajemen UPJA
  3. Workshop Operator UPJA
  4. Workshop Operator Bengkel Alsintan
  5. Workshop Pembuatan Alsintan Sederhana.

Perlu diketahui dasar pemikiran didirikannya Alsintan Center yaitu :

  1. Sampai saat ini wilayah provinsi Kalbar belum memiliki lembaga yang menangani pola penyaluran dan pengelolaan alsin di tingkat provinsi. Pada saat ini penyaluran Alsin hanya melewati kelompok tani dan UPJA, dimana kelemahan lembaga ini belum dapat mengorganisir Alsin diseluruh provinsi, karena keberadaan UPJA dan Kelompok Tani hanya berada ditingkat Desa / Kecamatan, pola kerjanya pun hanya terbatas pada pelayanan jasa, bengkel kecil serta penjualan sperpart yang masih terbatas. Sedangkan untuk pengelolaan lebih lanjut seperti pelatihan, penyaluran teknologi serta bantuan permodalan belum tersedia sehingga masyarakat khususnya petani masih mengalami kesulitan dalam hal pengembangan dan pengimplementasian teknologi Alsin.
  2. Kerusakan Alsin di lapangan yang tidak dapat diperbaiki kembali menunjukkan masih lemahnya upaya perbaikan, hal ini dikarenakan tidak adanya bengkel-bengkel yang mampu dan mau mengakomodir untuk perbaikan Alsin yang rusak, sehingga peralatan tersebut menjadi “Besi Tua”
  3. Informasi mengenai (1) penggunaan (2) PENJUALAN (3) TeknologiI Alsin Modern yang sampai ditingkat petani masih sangat kurang, hal ini dikarenakan tidak adanya lembaga/institusi yang menyampaikan secara rutin, berkesinambungan serta profesional tentang informasi tersebut.
  4. Selama ini aktual di lapangan menunjukkan petani adalah pekerja. Sebagai ilustrasi di negara yang maju di bidang pertanian, petani adalah manager untuk lahan usahanya sendiri, artinya hal-hal yang terkait dengan penggunaan alsin, dilayani oleh lembaga khusus (rental alsin) yang profesional. Atau dalam hal ini harus ada lembaga khusus yang profesional yag hanya mengurusi jasa Alsin
  5. Perolehan Spare-part untuk resparasi alsin, masih sangat sulit, sehingga tidak jarang dilakukan pengambilan onderdil dari alsin yang lainnya untuk perbaikan.
  6. Ketrampilan Operator, menjadi ukuran efisiensi dan efektifitas unjuk kerja alsin. Dimana ketidak trampilan operator menyebabkan tingkat kerusakan alat yang tinggi serta perolehan hasil kerja yang rendah.

Alsintan Center merupakan pusat pembinaan dan pengembangan Alsintan se-KalBar dalam rangka mendukung Program Kawasan Usaha Agribisnis (KUA) dengan penguatan teknologi dan struktur industri.

FUNGSI :

  1. Sebagai Pusat informasi dan penyebaran teknologi tepat guna yang diperlukan untuk penumbuhan dan penguatan industri agro di Provinsi Kalimantan Barat.
  2. Sebagai pusat pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan SDM di bidang disain, pembuatan dan perawatan alsintan yang diperlukan untuk penumbuhan dan penguatan industri Alsintan di Provinsi Kalbar.
  3. Sebagai pusat disain mesin dan peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung penumbuhan dan penguatan industri Agro di provinsi Kalimantan Barat.
  4. Sebagai pusat standarisasi dan pengkajian kinerja untuk mendukung penumbuhan dan penguatan industri Agro di provinsi Kalimantan Barat.
  5. Sebagai pusat inkubator bisnis Alsintan untuk mendukung penumbuhan dan penguatan industri alsintan di provinsi Kalimantan Barat.
  6. Mengembangkan Alsintan Center sebagai lembaga yang secara bertahap dapat beroperasi secara mandiri dan berkelanjutan.