• Selamat Datang di Website Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat

Citrus Center

Citrus Center merupakan pusat pengembangan agribisnis jeruk yang ada di Kalimantan Barat. Pembangunan Citrus Center dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan agribisnis jeruk Siam Pontianak dan jeruk Keprok Terigas yang terletak di Kabupaten Sambas. Disisi lain perkembangan organisme pengganggu tanaman jeruk juga semakin mengkhawatirkan terhadap kelangsungan agribisnis jeruk di Kalimantan Barat sehingga pada tahun 2003 pembangunan Citrus Center dapat terlaksana seluas 2,65 Ha yang bertempat di Jalan Raya Segedong Kecamatan Tebas, Kab. Sambas. Adanya Citrus Center ini berkewajiban untuk mengawal teknologi agribisnis jeruk yang ada di Kab. Sambas pada khususnya dan Kalimantan Barat pada umumnya.

Pembangunan Citrus Center mempunyai Visi yaitu Citrus Center menjadi pusat informasi dan inovasi teknologi jeruk bertaraf nasional. Sedangkan misi Citrus Center yaitu :

  1. Menyediakan sarana pelatihan dengan menyediakan laboratorium, kebun percontohan, show room, ruang serbaguna, ruang pengelola, ruang penyimpanan dan fasilitas penunjang lainnya.
  2. Mengembangkan promosi berupa mini plan pengolahan jeruk menjadi berbagai produk olahan.
  3. Menyediakan fasilitas pendidikan, magang dan pelatihan teknik budidaya tanaman jeruk di Kalimantan Barat,berupa workshop dan tutorial.
  4. Penataan kawasan dengan menempatkan fasilitas penunjang pada bagian terdepan, selain kemudahan akses juga untuk menjadikan landmark bagi lingkungannya.
  5. Menyediakan fasilitas agrowisata.
  6. Citrus Center sebagai bank bibit jeruk unggulan di Kalimantan Barat.
  7. Menyediakan fasilitas yang baik untuk penelitian, pengembangan bibit tanaman jeruk serta pengendalian hama dan penyekit jeruk.
  8. Membentuk standar produk agribisnis khususnya jeruk berdasarkan varietas yang ada serta parameter standar mutu lainnya.

 

 

Adapun fasilitas yang dimiliki oleh Citerus Center antara lain :

  1. Lahan, seluas 2,65 Ha terdiri atas bangunan dan kebun percontohan
  2. Sumber Daya Manusia
  3. Gedung agroklinik dan laboratorium
  4. Gedung agropotek
  5. Perkantoran dan aula pertemuan
  6. Pabrik pengolahan jus jeruk
  7. Fasilitas listrik dan air bersih (PDAM)
  8. Rumah petugas (mess)
  9. Kebun penilitian, pengembangan dan percontohan serta screen house
  10. Kendaraan operasional